Sabtu, 13 Juni 2015

Strategi Bisnis






Strategi merupakan tindakan yang merupakan incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus dan dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelnggan dimasa yang akan dating. Dengan demikian perencanaan strategis hamper selalu dimulai dari “apa yang dapat terjadi” bukan dimulai dari “ apa yang terjadi”. Terjadinya kecepatan inovasi pasar baru dan perubahan pola konsumen memrlukan kompensasi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompensasi inti didalam bisnis yang dilakukan.
Definisi pertama yang dikeluarkan oleh Chandler (1962:13) menyebutkan bahwa “Strategi adalah tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan, serta pendayagunaan dan alokasi sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan tersebut”. Pemahaman yang baik mengenai konsep strategi dan konsep-konsep lain yang berkaitan, sangat menentukan suksesnya strategi yang disusun.Konsep-konsep tersebut adalah sebagai berikut :
1.Distinctive Competence : tindakan yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat melakukan kegiatan lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya
2.Competitive Advantege : kegiatan sfesifik yang dikembankan oleh perusahaan agar lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya.
TIPE-TIPE STRATEGI
Pada prisnispnya strategi dapat dikelompokan menjadi tga tipe strategi yaitu:
1.Strategi Manajemen
Strategi manajemen meliputi strategi yang dapat dilakuakan oleh manajemen dengan orientasi pengembangan strategi secara makro misalnya, strategi pemgembangan produk, strategi penerapan harga, strategi akuisisi, strategi pengembangan pasar, strategi keuangan, dan sebagainya
2.Strategi Investasi
Strategi ini merupakan kegiatan yang berorientasi pada investasi. Misalnya, apakah perusahaan ingin melakukan strategi pertumbuhan yang agresif atau berusaha mengadakan penetrasi psar,strategi bertahan, serta pembangunan kembali suatu divisi baru atau strategi divestasi, dan sebagainya.
3.Strategi Bisnis
Strategi bisnis ini sering juga disebut strategi bisnis secara fungsional karena strategi ini berorientasi pada fungsi-fungsi kegiatan manajemen, misalnya strategi pemasaran,strategi produksi, strategi distribusi, strategi organisasi, strategi-strategi yang berhubungan dengan keuangan.
Strategi-strategi ini sangat berpengaruh pada kelangsungan prushaan, Hal ini diakibatkan karena akan terjadi persaingan yang ketat untuk memenangkan persaingan psar. Oleh karena itu banyak perusahaan yang menggunakan berbagai cara untuk memberikan hal yang berbeda kepada konsumen agar persaingan diantara perusahaan dapat dihindarkan. Salah satu diantara konsep analisis yang digunkan untuk memenangkan persaingan adalah dengan emnguunakan analisis SWOT. Dalam Pengelolaan dan pengembangan suatu aktifitas memerlukan suatu perencanaan strategis, yaitu suatu pola atau struktur sasaran yang saling mendukung dan melengkapi menuju ke arah tujuan yang menyeluruh. Sebagai persiapan perencanaan, agar dapat memilih dan menetapkan strategi dan sasaran sehingga tersusun program-program dan proyek-proyek yang efektif dan efisien maka diperlukan suatu analisis yang tajam dari para pegiat organisasi.
SEKOLAH BISNIS ONLINE
Klik
INTERNETSUKSES.COM

Tidak ada komentar :

Posting Komentar